Wednesday, May 2, 2018

Kegiatan Praktik Umum Kehutanan Universitas Lampung Di KPH Pekalongan Barat 2017

Hy. apa kabar sahabat forester? salam lestari... Salam Rimbawan....
Saya harap semua sehat sentosa, Aamiin,,

Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya seputar kegiatan  Praktik Umum di Bidang Kehutanan. oke langsung saja simak sampai habis ya,,

Kegiatan Praktik Umum Jurusan Kehutanan Universitas Lampung merupakan hal yang wajib dilakukan oleh Mahasiswa kehutanan, khususnya untuk mahasiswa yang telah memenuhi syarat 90 SKS, dan telah lulus mata kuliah bersyarat. Mahasiswa yang telah dinyatakan siap, akan diberangkatkan ke lokasi yang telah dipilih oleh panitia PU. Namun sebelum itu, mahasiswa harus menyusun Proposal dan Program Kerja. Tujuannya adalah supaya mahasiswa dapat mengerti dan mendapat sedikit gambaran umum mengenai lokasi dan topik yang akan di praktikkan.

Panitia PU tahun 2017/2018 adalah Bp. Hari Kaskoyo, beliau adalah salah satu Dosen Prodi Manajemen Hutan Universitas Lampung, beliau sangat sabar dan baik hati, beliau memberi kami akses untuk PU di Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Sebelum diberangkatkan menuju lokasi PU, kami diberikan arahan dan materi mengenai Praktik Umum dan Materi pengelolaan hutan. Pada akhir materi, ada pembagian atribut topi dan buku panduan kegiatan.

Kegiatan awal yaitu pembagian kelompok, saya mendapat rekan PU sebanyak 7 orang bersama Elham Wicaksono, Anis Ambarwati, Rilla Annisa Argia Pangesti, Bernad Uluan Panjaitan, Yeni Rismayani dan Melli Agustina. Kali ini Saya mendapatkan lokasi di KPH Pekalongan Barat. Sewaktu itu saya masih penasaran dengan kondisi lokasi PU. Setelah serching di Google, ternyata lokasinya dekat dengan Gn. Selemet. Lokasi PU terbagi menjadi dua, yaitu KPH Pekalongan Barat dan KPH Balapulang. Karakteristik lokasi sangat berbeda. Untuk KPH Pekalongan Barat merupakan dataran tinggi, memiliki iklim sedang sampai dingin dan pengusahaan hutan adalah pohon pinus. Sedangkan KPH Balapulang merupakan dataran rendah dengan iklim panas dengan pengusahaan hutan pohon jati.

Kami mahasiswa Kehutanan angkatan 2014 berangkat menuju lokasi PU dengan menggunakan bus. Keberangkatan kami pada tanggal 18 Juli 2017, sekitar pukul 18.30 Wib. Kami sampai di KPH Pekalongan Barat pada tanggal 19 Juli 2017, sekitar pukul 08.00 Wib. Kami disambut dengan ramah oleh KKPH dan staff disana. Kami meninap selama 4 hari sebelum didistribusikan menuju lokasi BKPH masing-masing. Kegiatan yang dilakukan di kantor KPH Pekalongan Barat antara lain yaitu, pembukaan kegiatan, pemberian materi, penyusungan sistematis PU, dan pengenalan umum mengenai Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah KPH Pekalongan Barat. Yang paling spesial yaitu kami diajak untuk berpartisipasi pada acara halal bihalal KPH Pekalongan Barat. Disitu kami semakin mengenal banyak pak mandor dan pak asper.  
Kegiatan tersebut sangat ramai, terutama saat acara makan bersama, terlihat kekeluargaan sesama kehutanan yang sangat harmonis. acara terus berjalan sampai waktu sudah siang. Sekitar pukul 12.00 kegiatan selesai dilaksanakan. setelah kegiatan tersebut kami bersiap untuk menuju lokasi BKPH yang ada di KPH Pekalongan Barat. kelompok saya, dan kelompok Desrian Alfandi diangkut menggunakan mobil Patroli Hutan Danru Mob.  saya mendapat lokasi pertama di BKPH Bumi Jawa, lokasinya di RD Guci. Sedangkan kelompok Desrian dkk, mendapat lokasi di BKPH Moga RD Randu Dongkal.
Banyak keseruan sewaktu kegiatan PU tersebut dilakukan, Untuk itu, ikuti terus ceritanya ya,,
Jangan lupa, Like and Share...

Bersambung....
Sambungan cerita selanjutnya:
#BKPH Bumi Jawa
#BKPH Moga
#BKPH Salem
#BKPH Bantarkawung
#BKPH Paguyangan


1 comment:

Gambaran Umum Perum Perhutani dan KPH Pekalongan Barat

 1. Gambaran Umum Perum Perhutani Perum Perhutani adalah Perusahaan Umum Kehutanan Negara yang merupakan Perusahaan Kehutanan Badan ...